Alt Title

Editing, Ilmu Penting dalam Menyunting

Editing, Ilmu Penting dalam Menyunting

Editing ini meliputi: memperbaiki bentuk tulisan, merapikan kata dari typo, memilih diksi yang tepat

Sehingga tulisan enak dibaca, tepat makna dan maksud yang akan disampaikan penulis kepada pembaca

____________________________________


Penulis Sofie Ummu Farizahrie

Kontributor Media Kuntum Cahaya dan Member Kelas Editing Praktis AMK 



KUNTUMCAHAYA.com, SHARING KEPENULISAN - Editing adalah salah satu cabang ilmu kepenulisan yang sangat penting. Mengapa? Karena dengan kemampuan tersebut, seorang penulis mampu menyajikan sebuah tulisan yang enak dibaca dan dipahami.


Editing berasal dari bahasa  Inggris, namun kata 'edit' ada dalam KBBI yang artinya yaitu memperbaiki/menyunting naskah. Seorang penulis penting memiliki kemampuan self editing sebelum naskah tulisannya diterbitkan. 


Editing ini meliputi: memperbaiki bentuk tulisan, merapikan kata dari typo, memilih diksi yang tepat. Sehingga tulisan enak dibaca, tepat makna dan maksud yang akan disampaikan penulis kepada pembaca.  


Seseorang yang melakukan aktivitas editing disebut editor. Kabar gembiranya, editor ini ternyata bisa dijadikan profesi. Apalagi kalau kemampuan ini digunakan untuk kebaikan, yaitu menjadi editor naskah tulisan dengan konten-konten dakwah. Tentunya insya Allah pahala menanti para editor.


Maka tunggu apalagi? Yuk, semangat menambah skill editing kita. Karena selain memudahkan dalam meloloskan tulisan kita untuk terbit di media online maupun offline, juga membantu kerja para editor dalam menyunting naskah yang kita kirimkan ke meja-meja redaksi. [By]


Wallahualam bissawab.