Alt Title

Hindari Pernikahan Dini

Hindari Pernikahan Dini

Mari renungkan diri dalam menjalankan kehidupan ini, jangan menyesal kelak di akhirat. Kalau kalian masih pelajar jauhilah pacaran, dekatkan diri pada Allah, fokus belajar, fokus berbakti pada orang tua yang susah payah membesarkan kalian

Bismillah, semoga Allah senantiasa memberikan bimbingan, taufik dan hidayah-Nya untuk kita semua

__________________________________



KUNTUMCAHAYA.com, SURAT PEMBACA - Tahun ini sepertinya orang-orang sedang gencar sekali untuk menikah dini, bahkan yang masih pelajar kecolongan yang akhirnya minta dispensasi menikah, Astaghfirullah. 


Dilansir media radar jombang (14 Oktober 2023), angka pernikahan dini di Kabupaten Jombang masih tinggi. Hingga Agustus 2023, tercatat ada 443 pernikahan dini yang dilakukan remaja di bawah usia 20 tahun.


Penyebabnya beragam, namun yang sering terjadi karena kehamilan tak diinginkan atau hamil di luar nikah. Innalillahi, sungguh sangat miris sekali. Betapa hancurnya muda - mudi sekarang yang haus akan hawa nafsu seksual. Hingga di pikirannya adalah tentang seksualnya. Tidak berpikir apa dampak negatif yang akan terjadi. 


Mereka tak pernah berpikir, dari mana ia berasal? Untuk apa hidup di dunia? Akan kemana setelah kematian menjemput? Rasanya hanya pemuasan nafsu belaka yang mereka pikirkan. Ini menjadi hal yang harus kita ambil pelajaran. Hidup bukan soal cinta, harta dunia, melainkan jauh dari itu semua. 


Kita hidup dari Allah, untuk beribadah dan kembali pada Allah. Apa yang kita lakukan didunia ini akan dimintai pertanggungjawaban. Allah hadirkan manusia ke muka bumi untuk menjadi seorang khalifah, yang menjaga bumi ini. Menjalankan apa yang Allah perintahkan dan menjauhi apa yang Allah larang. 


Wahai muda-mudi yang aku sayangi, jaga kehormatan kalian, sayang sekali jika hamil diluar nikah. Anak yang terlahir tidak akan mendapatkan nasab dari ayahnya, tak berhak dikasih nafkah. Jika seorang wanita tidak sah jika wali nikahnya ayah sendiri. Sungguh, merugi dunia maupun akhirat. 


Mari renungkan diri dalam menjalankan kehidupan ini, jangan menyesal kelak di akhirat. Kalau kalian masih pelajar jauhilah pacaran, dekatkan diri pada Allah, fokus belajar, fokus berbakti pada orang tua yang susah payah membesarkan kalian. Bismillah, semoga Allah senantiasa memberikan bimbingan, taufik dan hidayah-Nya untuk kita semua. Wallahualam bissawab. [Dara]


Penulis Arsy Novianty

Kontributor Media Kuntum Cahaya