Alt Title

Lindungi Generasi Muda dari Cengkeraman Kapitalisme

Lindungi Generasi Muda dari Cengkeraman Kapitalisme

Sebenarnya sistem kapitalisme dan sekularismelah biang masalah atau faktor utama terjadinya kekacauan akidah di tengah kalangan anak muda saat ini

Sistem kapitalisme dan sekuler ini adalah sistem yang rusak dan merusak generasi umat saat ini. Ideologi yang memfokuskan standar baik dan buruk kepada materi dan asas manfaat bukan terhadap rida Allah dan juga Kitabullah

_____________________________


Penulis Siva Saskia

Kontributor Media Kuntum Cahaya dan Pegiat Literasi Bandung



KUNTUMCAHAYA.com, OPINI - Melihat fenomena maraknya kasus yang menimpa anak di bawah umur baru-baru ini begitu menyita perhatian kita selaku orang tua. Tingkat kekerasan terhadap anak, kasus pelecehan seksual, kasus pemerkosaan terhadap anak di bawah umur, juga kasus L6bt yang sudah masuk dalam kalangan anak Sekolah Dasar, begitu mengiris hati.


Selain itu terjadi fenomena generasi strawberry di kalangan anak muda. Disebut generasi strawberry sebutan bagi mereka yang tidak mau menghadapi tekanan sosial tidak mempunyai semangat kerja keras atau manja, malas namun arogan. Menggambarkan rusaknya pendidikan generasi dalam sistem kapitalis. Tingkah dan perilaku anak saat ini seakan di luar batas dan sangat berbahaya jika dibiarkan dan tidak cepat ditangani. Terjerumus ke dalam pergaulan bebas tindakan kriminal narkoba dan banyak problem lainnya 


Dilansir dari Republika[dot]co[dot]id terungkapnya grup chat L6bt yang di dalamnya berisikan anak-anak tingkatan Sekolah Dasar di Pekanbaru Riau menjadi pusat perhatian kita yang mengagetkan, miris sekali bukan? 


Hal tersebut bisa terjadi akibat peningkatan penularan sosial dan normalisasi homoseksualitas. Penularan sosial terkait dengan sikap kepercayaan juga perilaku yang menyebar ke seluruh populasi menjelaskan bahwa penularan sosial adalah yang menjadi alasan banyak anak terutama anak muda perempuan yang mengeklaim sebagai biseksual, dan juga dipengaruhi oleh paparan pornografi yang merebak di sosial media.


Mengapa begitu banyak problem yang terjadi di kalangan generasi umat? Siapa biang masalah di balik permasalahan ini?


Sebenarnya sistem kapitalisme dan sekularismelah biang masalah atau faktor utama terjadinya kekacauan akidah di tengah kalangan anak muda saat ini. Sistem kapitalisme dan sekuler ini adalah sistem yang rusak dan merusak generasi umat saat ini,  ideologi yang memfokuskan standar baik dan buruk kepada materi dan asas manfaat bukan terhadap rida Allah dan juga Kitabullah.


Keluarga yang seharusnya menjadi benteng pertahanan yang melindungi keluarga dari tindakan kriminal ini malah sebaliknya menjadi pelaku kejahatan terhadap keluarga sendiri. Banyak keluarga yang begitu rapuh dilihat dari fakta yang saat ini terjadi. Tingkat kekerasan tinggi, angka perceraian tinggi, istri yang membunuh suami, anak yang diperkosa oleh ayahnya sendiri, dan banyak lagi kasus lainnya. 


Seolah tidak ada keharmonisan dan kasih sayang di dalam keluarga dan jauh dari perilaku seorang muslim seharusnya.  Kapitalisme merusak dalam setiap aspek kehidupan manusia sehingga menimbulkan begitu banyak problematika di tengah kehidupan. 


Seharusnya kita sebagai seorang muslim menyadari bahwa kerusakan yang terjadi saat ini, karena manusia meninggalkan aturan dan hukum Allah. Karena dengan mendekatkan diri kita kepada aturan Allah kita akan senantiasa terhindar dari rusaknya kapitalisme ini, dalam pandangan Islam pun ada beberapa cara agar kita bisa melindungi anak dan generasi penerus umat di tengah cengkeraman kapitalisme yang merusak antara lain: 


Pertama kita harus senantiasa membentengi anak dengan mengajarkan dan menanamkan akidah Islam sebagai benteng pemikiran dengan menguatkan keimanan terhadap Allah.


Kedua keluarga harus senantiasa terikat dengan hukum syarak menjadikan hukum syariat aturan dari Allah sebagai penentu baik buruknya suatu perbuatan bukan berdasarkan hawa nafsu.


Ketiga meningkatkan ketakwaan terhadap Allah, dengan ketakwaan bisa menjadi benteng pelindung dari rusaknya sistem kapitalis.


Keempat menguatkan idrak shilah billah (kesadaran hubungan dengan Allah). Di tengah kehidupan dalam sistem kufur saat ini hendaknya kita sebagai umat Islam senantiasa menguatkan kesadaran diri akan hubungan kita dengan Allah.


Masih banyak lagi cara agar anak kita, keluarga bisa terlindungi dari cengkeraman kapitalisme dengan menguatkan idrak shilah billah kita kepada Allah dan juga senantiasa membimbing generasi umat dengan pemahaman Islam kafah dan menjadikan dakwah sebagai bagian penting yang harus dilakukan dalam keluarga untuk mewujudkan suasana takwa dan teguh di jalan syariat-Nya. Wallahualam bissawab. []