Alt Title

Rahasia Sukses Mendidik Anak di Ramadan

Rahasia Sukses Mendidik Anak di Ramadan

 


Jika mendidik butuh peran serta ayah dan bunda

Tidak bisa membebankan semuanya pada ibu

______________________________


KUNTUMCAHAYA.com, PARENTING - Ramadan menjadi momen spesial keluarga muslim. Tak terkecuali mengajak anak-anak untuk mengisinya dengan kegembiraan. Mau tak mau, orang tua juga butuh ilmu untuk membersamai anak-anak.  


Karenanya, Rabu (20/03/2024) Webinar Parenting Ways #1 mengupas tuntas “Cara Mendidik Anak Ini Hanya Bisa di Ramadan”. Hadir sebagai narasumber, Ustaz M Rizky Nafis (Owner Sekolah Tahfidz Plus Khoiru Ummah Wonoayu). Beliau juga konsultan parenting dan keluarga samara. Acara ini didukung UTHAMA Foundation dan STP Khoiru Ummah Wonoayu Sidoarjo.


Ustaz Nafis, panggilan akrabnya, mengawali penjelasannya jika mendidik butuh peran serta ayah dan bunda. Tidak bisa membebankan semuanya pada ibu. Membutuhkan kerja sama suami istri.


“Pertama, pahami prosesnya dalam mendidik anak. Kedua, mendampingi perkembangan anak. Ketiga, mengevaluasi tiap saat bersama pasangan. Keempat, merencanakan langkah berikutnya,” tandasnya.


Berkaitan dengan mendidik anak di Ramadan, Ustaz Nafis membeberkan aktivitas yang bisa dilakukan bersama. Kegiatan Ramadan dirancang sebagai berikut:


1. Tadarus Al-Qur’an

2. Salat Berjamaah

3. Sahur dan Buka Bersama

4. Berbagi

5. Mendengarkan Kisah Islami

6. Bermain Puzzle Islamis sangat mendukung perwujudan kegiatan di atas. Pendampingan orang tua sangat dibutuhkan. Seperti tadarus Al-Qur’an dan sholat berjamaah, umat pun berbondong-bondong. 


Beberapa pertanyaan yang muncul di antaranya:


Bunda Farza dan Aisyah

Assalamualaikum, Ustaz bagaimana cara mendidik anak bagi ibu yang single parent? Karena kadang jam 03.30 sudah menyiapkan makanan untuk dijual. Kalau murojaah sama kakaknya tidak mau. Terima kasih. 


Ayah Fatkur 

Assalamualaikum, saya bertanya kalau ayah kerja sering luar kota, cuma komunikasi lewat telepon, apa bisa efektif? Mohon pencerahannya.


Ayah Bambang H 

Assalamualaikum, Ustaz maaf sebelumnya terlambat masuk karena waktu daerah kami WITA. Baru pulang tarawih. Kebetulan anak-anak kami ada yang umur 3 tahun. Kakak-kakaknya ada yang 5, 6, 12 dan 14 tahun. Nah untuk anak kami yang masih 3 tahun, sudah bisa juga enggak diikutkanuntuk pembiasaan seperti penjelasan Ustaz tadi? Terima kasih. 


Satu per satu pertanyaan mendapatkan jawaban yang memuaskan. Langkah teknis dan praktis pun dibeber jelas. Sehingga ayah bunda yang hadir mampu memecahkan problem yang unik di setiap keluarga.


Peserta yang hadir begitu antusias mengikuti webinar Parenting Ways. Peserta menyimak dengan saksama dan memperhatikan. Insya Allah agenda ini akan berkelanjutan. Jadi, ayah bunda yang belum hadir pada edisi perdana, bisa mendaftar di agenda berikutnya. [MKC/Hanif]