Alt Title

Kisah Mush'ab bin Umair Sebagai Duta Dakwah

Kisah Mush'ab bin Umair Sebagai Duta Dakwah

 


Kesungguhan Mush'ab bin Umair dapat terlihat ketika beliau meninggalkan semua kenikmatan dunianya dari mulai tahta, kedudukan, serta kenikmatan material

Beliau lebih memilih apa yang ada di sisi Allah Swt.


____________________


Penulis Widdiya Permata Sari

Kontributor Media Kuntum Cahaya dan Komunitas Muslimah Perindu Surga


KUNTUMCAHAYA.com, KISAH - Mush'ab bin Umair merupakan sosok laki-laki tampan dan kaya. Beliau merupakan orang yang terkenal di Makkah. Tidak hanya itu, beliau merupakan seorang pemuda yang hidup dalam kemewahan karena beliau masih keturunan dari suku yang paling terhormat di antara orang-orang Quraisy. 


Kemudian, Mush'ab bin Umair masuk Islam. Namun, beliau memutuskan untuk merahasiakan keislamannya terutama kepada orangtuanya. Rahasia tersebut tentu saja tidak bertahan lama, ibunya mengetahui bahwa Mush'ab bin Umair telah memeluk agama Islam. Akhirnya, orang tuanya menentang dan tidak mendukungnya. Beliau meninggalkan semuanya termasuk kesenangan serta kemewahan yang selama ini beliau nikmati.


Sampai ketika Mush'ab bin Umair diutus oleh baginda Rasulullah saw. ke Madinah dan dinobatkan sebagai duta dakwah. Beliau diutus ke Madinah untuk berdakwah. Tidak hanya berpikir sekedar membacakan serta mengajarakan Al-Quran tetapi beliau memahami misi yang diembannya yang bersumber dari Rasulullah saw. yaitu menyiapkan orang-orang yang beriman yang ada diantara para penduduk kota Madinah agar mereka siap menerima kepemimpinan Islam serta bisa melindungi Rasulullah saw. serta dakwahnya. 


Mush'ab bin Umair melakukan dakwahnya dengan cara mendatangi orang-orang di rumah-rumah serta di kabilah-kabilah mereka. Beliau begitu semangat mendatangi setiap rumah para penduduk Madinah agar bisa masuk Islam. Setelah berada di rumah-rumah mereka Mush'ab bin Umair mengajak mereka untuk masuk Islam serta membacakan Al-Quran kepada mereka. 


Kemudian, satu persatu dari penduduk Madinah masuk Islam. Lalu, mulai nampaklah Islam yang tersebar di rumah-rumah kaum Anshar. Tidak hanya itu, Mush'ab bin Umair mengajarkan kepada orang-orang agar selalu bersikap lemah lembut serta selau bersabar dalam beriman. 


Bahkan beliau selalu menanamkan pada diri mereka agar memiliki rasa cinta kepada Allah Swt. serta rasa cinta untuk terus berkorban demi Islam. Setahun berlalu Mush'ab bin Umair berdakwah di Madinah, dakwah beliau begitu dahsyat karena hasil dari dakwahnya Islam menyebar ke seluruh penjuru Madinah. 


Alhasil pemilik kekuasaan Madinah menyerahkan kekuasaannya kepada Rasulullah saw. Bahkan daulah Islam pertama tegak di kota Madinah. Karena, Mush'ab bin Umair benar-benar memberikan semuanya untuk Islam serta dakwahnya. Dari mulai mengerahkan semua pikiran, tenaga, waktu serta kemampuannya hanya untuk menyiapkan penduduk Madinah dari Bai'at Aqabah I hingga terjadinya Bai'at Aqabah II. 


Kesungguhan Mush'ab bin Umair dapat terlihat ketika beliau meninggalkan semua kenikmatan dunianya dari mulai tahta, kedudukan, serta kenikmatan material, beliau lebih memilih apa yang ada di sisi Allah Swt.. 


Rasulullah saw. pernah berkata tentang Mush'ab bin Umair, engkau benar-benar tidak pernah meninggalkan apapun karena sesungguhnya engkau mengutamakan Allah Azza wa Jalla, Allah pun tidak akan pernah mengantikanmu, kecuali dengan yang lebih baik dari-Nya. Wallahuallam bissawab. [Dara]