Alt Title

Pemangkasan Anggaran UNRWA, Wujud Dunia Tak Punya Empati

Pemangkasan Anggaran UNRWA, Wujud Dunia Tak Punya Empati

 


Aturan dalam Islam berasal dari Al-Qur'an dan Sunnah, karena Islam memang diturunkan sebagai rahmat bagi seluruh alam

Islam sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, termasuk kepada umat lain yang membutuhkan bantuan dan pertolongan

______________________________


KUNTUMCAHAYA.com, SURAT PEMBACA - Sebuah lembaga United Nations Relief and Works Agency For Palestine Refugees in Near East (UNRWA), didirikan oleh PBB pada 8 Desember 1949 yang difungsikan sebagai badan operasional nonpolitik serta diberi tanggung jawab atas kemanusiaan bagi pengungsi Palestina, kini melakukan pemangkasan dana. Ini jelas memberikan wujud bahwa dunia saat ini tidak berempati. 


Hingga hasilnya mengabaikan rasa kemanusiaan. Karena hal ini terjadi pada saat makin beratnya kesengsaraan dan penderitaan rakyat Palestina juga termasuk anak-anak yang tak berdosa di dalamnya. Lantas, apa yang dilakukan dunia saat ini? Tidak lain, hanya diam saja seolah perubahan anggaran ini direstui. 


Selain itu, hal ini juga menjadi bukti bahwa tata kehidupan di negeri ini kian rusak. Lalu, apa yang menjadi penyebab masalah ini terjadi? Tidak dimungkiri sistem yang diadopsi negara saat ini adalah sistem buatan manusia yaitu kapitalis sekuler yang memisahkan agama dari ranah kehidupan. Sehingga, tidak ada nilai-nilai luhur cerminan agama terhadap penderitaan sesama. 


Asas yang digunakan dalam kapitalis adalah kemanfaatan, yang hanya mementingkan keuntungan pribadi sehingga melahirkan ketidakpedulian terhadap nasib saudara dan umat lain. Jadi, sistem inilah yang diterapkan oleh dunia saat ini. Akibatnya lagi-lagi kaum yang lemah menjadi korban kekuasaan tanpa bantuan. 


Dunia saat ini, jelas membutuhkan sistem yang hak lagi sempurna. Tidak lain adalah sistem Islam, karena aturannya berasal dari Pencipta yang tahu akan seluk beluk semua permasalahan yang dihadapi oleh manusia. Islam merupakan sebuah sistem yang sangat menghormati nyawa manusia. Termasuk warga sipil di medan perang. 


Aturan dalam Islam berasal dari Al-Qur'an dan Sunnah, karena Islam memang diturunkan sebagai rahmat bagi seluruh alam. Islam sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, termasuk kepada umat lain yang membutuhkan bantuan dan pertolongan. Karena dalam Islam juga membolehkan adanya qimah insaniyah.


Oleh sebab itu, tunggu apalagi, saatnya menumbangkan aturan yang dibuat oleh manusia yaitu kapitalis sekuler yang menyengsarakan manusia dan beralih pada aturan Pencipta yaitu Islam. Jika Islam diterapkan di muka bumi ini, maka tidak akan ada lagi pemangkasan anggaran.


Nasib warga Palestina jelas akan terlindungi dan terjaga. Karena memang sudah menjadi kewajiban kepala negara untuk melayani juga sebagai pelindung bagi umat, terlebih lagi terhadap kaum yang terzalimi. 


Bukan hanya itu, Islam juga akan mampu menjadikan masyarakat hidup aman, damai, tenteram, tenang tanpa ada tekanan dari mana pun. Karena keamanan dan kesejahteraan umat berada dalam perlindungan kepala negara yaitu khalifah. InsyaAllah. Wallahualam bissawab. [SJ


Mariyam Sundari 

Jurnalis Ideologis DIY