Alt Title

Air Susu Dibalas Air Tuba

Air Susu Dibalas Air Tuba

Persoalannya adalah sejauh mana manusia memahami ajaran Islam dengan benar serta ditanamkan sejak dini. Proses memahamkan ajaran Islam memerlukan peran semua pihak mulai dari orang tua hingga negara

________________________




KUNTUMCAHAYA.com, SURAT PEMBACA - Miris, hari ini banyak anak yang durhaka kepada orang tua. Anak membunuh ibu karena kesal dinasihati. Padahal surga di bawah telapak kaki ibu dan ibu selalu sayang pada anaknya.


Pada tanggal 6 Juli 2025 di Sragen Jawa Tengah ada seorang anak yang tega membunuh ibu kandungnya. Dia memukuli ibunya sampai tewas. (MMC news, 7/7/2022)


Polisi langsung menangkap pelaku untuk diselidiki. Menurut pelaku, dia kesal selalu dinasihati oleh ibunya. Padahal nasihat ibu adalah untuk kebaikan seorang anak.


Jadi perbuatan anak yang seperti itu jangan ditiru. Ibu kita sudah membesarkan kita dari kecil hingga dewasa. Anak durhaka adalah anak yang tidak tahu diri dan tidak tahu diuntung. Perbuatan anak itu adalah perbuatan terlarang dalam Islam. Jangankan memukul, menghardik ibu saja dilarang dengan tegas. Islam justru mengajarkan untuk bersyukur kepada Allah dan berbakti kepada kedua orang tua. Islam menetapkan bahwa bakti kepada ibu lebih utama dibandingkan kepada ayah.


Persoalannya adalah sejauh mana manusia memahami ajaran Islam dengan benar serta ditanamkan sejak dini. Proses memahamkan ajaran Islam memerlukan peran semua pihak mulai dari orang tua hingga negara. 


Negara berperan menyelenggarakan layanan pendidikan yang tepat dan memadai untuk seluruh warganya. Negara juga wajib menerapkan hukum Islam dalam setiap aspek kehidupan. 


Inilah penerapan Islam secara kafah. Dengan sistem Islam persoalan hidup manusia akan diselesaikan dengan tuntas. Wallahualam bissawab. []


Muhammad Hisyam

Siswa kelas 6 STAT Insanmulia Garut