Alt Title

Bullying Karakter Menyeleweng Generasi, Islam Solusi Hakiki

Bullying Karakter Menyeleweng Generasi, Islam Solusi Hakiki


Akar permasalahan berasal dari kesalahan penggunaan sistem kapitalisme

Hal ini membuat seseorang cenderung abai terhadap aturan Allah Swt. dan berperilaku sesukanya


Penulis Suci Halimatussadiah 

Kontributor Media Kuntum Cahaya dan Ibu Pemerhati Umat


KUNTUMCAHAYA.com, OPINI - Rentetan kasus perundungan terhadap anak sekolah makin masif terjadi. Kali ini, korban merupakan anak perempuan yang berasal dari Batam.Viralnya, kasus penganiayaan dan perundungan ini membuat netizen geram dan ikut membanjiri kolom komentar dengan kalimat-kalimat yang mengutuk aksi pelaku tersebut.


Seperti dikutip dari TribunTrend.com (02/03/2024), ibu korban menjelaskan bahwa permasalahan utamanya terjadi sebelum adanya pengeroyokan yang dialami sang anak. Dalam penjelasannya, korban yang berinisial SC mendapat kekerasan dari sekelompok remaja putri karena membela sang adik.


Tragisnya, sang ibu tidak berani langsung membuat laporan ke kepolisian karena khawatir jika anak perempuannya yang lain mendapatkan perlakuan yang sama. Namun, tidak lama setelah berita ini viral, sang ibu baru memberanikan diri untuk melaporkan tindakan kriminal terhadap anaknya.


Menanggapi kasus bullying, Kanit Reskrim Polsek Lubuk Baja Ipda Jonathan Reinhart Pakpahan turut angkat bicara. Ipda Jonahan menyebut bahwa pihak kepolisian tengah mendalami kasus tersebut. Keempat pelaku perundungan yang berinisial AR, RS, SR, dan LS tengah menjalani pemeriksaan.


Jika kita telaah kasus kriminalitas di Indonesia, tentunya kasus bullying bukanlah suatu hal yang baru. Banyaknya kasus perundungan yang terjadi, baik secara fisik, verbal, maupun perundungan di dunia online (cyber bullying) menunjukkan bahwa bullying bukan lagi suatu hal yang dianggap remeh. 


Jika dilihat dari perspektif korban, seseorang yang mengalami tindakan perundungan akan berisiko mengalami berbagai permasalahan kesehatan, baik fisik maupun mental. Dari sini kita ketahui, bahwa fenomena bullying sudah sangat parah dan menjadi epidemi yang menimbulkan banyak korban. Kasus perundungan akan terus meningkat setiap tahunnya. 


Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya kasus perundungan. Namun, yang sering ditemukan yaitu adanya ketidakseimbangan antara pelaku dengan korban. Bisa berupa ukuran badan, fisik, kepandaian komunikasi, gender hingga status sosial. Penyebab lain yang menyertai biasanya terkait lingkungan pergaulan yang salah dan pengaruh teman sebaya, dan lain-lain.


Dari rentetan masalah perundungan yang makin marak bisa kita ambil kesimpulan bahwa kasus ini terjadi bukan hanya karena permasalahan individu semata, melainkan permasalahan sistemis yang tergambar pada pola pikir dan pola sikap masyarakat. Akar permasalahan berasal dari kesalahan penggunaan sistem hari ini, yaitu sistem kapitalisme yang berasaskan sekularisme yang memisahkan agama dan kehidupan. Hal ini membuat seseorang cenderung abai terhadap aturan Allah Swt. dan berperilaku sesukanya.


Ditambah lagi adanya naluri eksistensi diri yang dimiliki oleh setiap manusia yang tidak dapat tersalurkan dengan baik di sistem saat ini. Alhasil manusia jadi berperilaku brutal tanpa mempertimbangkan  kemanusiaan, apalagi agama. Sebab, yang mereka dewakan hanya eksistensi diri dan popularitas duniawi. Itulah mengapa dalam kasus perundungan, terutama dalam lingkungan remaja yang marak terjadi saat ini menjadi tanda bahwa karakter menyeleweng generasi tidak dapat lagi ditoleransi.


Dalam sistem Islam, pembentukan karakter generasi merupakan kolaborasi dari peran keluarga, pendidik, masyarakat, dan negara. Hal utama yaitu keluarga menjadi bagian paling penting. Keluarga terutama ibu merupakan madrasah pertama bagi anak-anak sebelum mereka terjun ke dunia yang lebih luas.

 

Pembentukan karakter anak di awal perlu diperhatikan dengan baik dan saksama oleh keluarga. Pembentukan kebiasaan dan pemikiran yang berlandaskan pada akidah Islam harus dijadikan standar utama dalam hablum minannas (bermuamalah dengan orang lain).


Selain itu, guru sebagai pendidik anak di sekolah harus mewujudkan kestabilan antara kompetensi akademik dan karakter anak. Sebab, fungsi sekolah dalam Islam bukan hanya sebagai pencetak para intelektual dalam bidang tertentu. Tetapi, mewujudkan individu yang paham akan identitasnya sebagai seorang muslim. Oleh karena itu, nilai rapor di sekolah tidak dapat dijadikan patokan keberhasilan dalam mendidik anak jika karakter mereka rusak dan berujung pada kemudaratan dan murka Allah Swt. Masyarakat yang peduli menjadi aspek yang sangat penting dalam terwujudnya kesejahteraan dalam sistem Islam. 


Kesadaran masyarakat akan implementasi Islam dalam kehidupan akan turut membantu para individu untuk taat kepada Allah Swt. Sebab, saat mereka sedang melakukan sebuah dosa atau kemaksiatan, masyarakat ikut peduli dan saling mengingatkan agar mereka kembali ke jalan Allah.


Selanjutnya, negara yang peduli terhadap persoalan umat. Dalam hal ini, pemerintah berperan sebagai eksekutor dalam negara. Ia memiliki peran dan tanggung jawab yang besar dalam segala aspek yang berkaitan dengan riayatu asy-syu’nil ummah atau (pengurus urusan umat). Jika ada problematika seperti kasus kriminalitas yang terjadi, negara akan melakukan tindakan tegas dan solutif.


Tak hanya itu selain tindakan kuratif yang dilakukan sebagai efek jera bagi pelaku dan peringatan bagi masyarakat lainnya. Ada juga tindakan preventif (pencegahan) yang dilakukan oleh negara, yaitu dengan memperkuat akidah Islam dalam diri anak dan membangun kesadaran bahwa setiap perilaku yang diperbuat akan dimintai pertanggungjawabannya di akhirat kelak. Hal ini akan menumbuhkan sikap berhati-hati dan takut (kepada Allah). Lebih dari itu, negara akan memastikan penguatan peran orang tua, guru, dan masyarakat untuk mewujudkan individu-individu yang bertakwa.


Sayangnya, kesejahteraan ini tidak dapat terwujud jika kita masih terkerangkeng oleh sistem kapitalisme sekuler yang mendewakan materi belaka. Maka, bersama-sama kita wujudkan janji Allah dengan meneruskan perjuangan Rasulullah, yaitu dakwah Islam demi terwujudnya sistem mulia yaitu sistem Islam dalam naungan Daulah Islamiyah yang keberhasilannya telah terbukti dalam tinta sejarah. Dengannya mampu mewujudkan kesejahteraan umat dalam semua lini kehidupan. Wallahualam bissawab. [Dara]